Definisi CRM
CRM berkaitan
dengan pengembangan, penciptaan dan peningkatan hubungan pelanggan individual dengan pelanggan yang secara hati-hati ditargetkan dan kelompok pelanggan
sehingga memaksimalkan total pelanggan
dengan nilai jangka panjang.
Tujuan dari CRM
Fokus CRM adalah untuk menciptakan nilai bagi
pelanggan dan perusahaan dalam jangka panjang.
Ketika pelanggan menghargai layanan pelanggan yang mereka
terima dari pemasok, mereka cenderung untuk melihat ke pemasok alternatif (lainnya) untuk kebutuhan mereka.
CRM
memungkinkan organisasi untuk mendapatkan 'keunggulan kompetitif' atas pesaing
yang memasok produk atau jasa sejenis.
Mengapa CRM penting?
Bisnis
saat ini bersaing dengan penawaran multi-produk yang dibuat dan disampaikan dengan jaringan (networks), aliansi dan dari berbagai jenis kemitraan. Baik mempertahankan pelanggan dan membangun hubungan
dengan lainnya sangat mendukung nilai tambah untuk pelanggan yang sangat penting untuk
kinerja perusahaan.
Penerapan
C.R.M. saat ini didorong oleh pengakuan
bahwa hubungan jangka panjang dengan pelanggan adalah salah satu aset yang
paling penting dari sebuah organisasi
Ahmad Syahrul Fakhri 0441 10 133
Tidak ada komentar:
Posting Komentar