Customer
Relationship Management disingkat CRM menurut Wikipedia adalah suatu jenis manajemen yang secara khusus
membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan mengenai
penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan
meningkatkan nilai perusahaan di mata para pelanggannya.
Sebuah sistem CRM harus bisa menjalankan
fungsi:
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan.
- Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric)
- Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan
- Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
- Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
- Menangani keluhan/komplain pelanggan
- Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
- Membuat informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan
Penerapan CRM akan lebih
optimal jika dibantu dengan teknologi. Sebab, dengan bantuan teknologi maka CRM
akan meningkatkan pengetahuan yang mendalam tentang pelanggan, meningkatkan
akses bagi pelanggan, menciptakan interaksi dengan pelanggan yang lebih efektif
dan integrasi melalui seluruh saluran (channels) serta fungsi-fungsi internal (back
office) perusahaan.
Salah satu contoh
perusahaan yang telah menerapkan CRM adalah PT. Nestlé Indonesia dengan
meluncurkan Sahabat Nestlé. Di web tersebut terdapat beberapa
fasilitas seperti :
- Berbagi resep makanan sehat
- Dunia Bayi
- Informasi tentang makanan dan gizi
- Parenting
- Promo
- Kalender event-event yang akan diadakan oleh Nestlé
- Dan lain-lain
Dalam website tersebut
customer serasa dimanjakan dan diperhatikan oleh Nestlé. Sedangkan keuntungan
yang didapatkan oleh Nestlé adalah:
- Memiliki space untuk arena promosi
- Memiliki space untuk arena survey
- Memiliki space untuk melakukan diskusi (tanya jawab) dengan customer secara langsung
- Mendapatkan keinginan pasar melalui saran dan kritik dari feedback customer
- Peningkatan kepercayaan terhadap produk-produk Nestlé.
Customer Relationship
Management – CRM didesain dengan maksud untuk memenuhi harapan dan kebutuhan
konsumen untuk mencapai nilai lifetime konsumen yang maksimal dan memberikan
hasil pada usaha. Penggunaan produk Customer Relationship Managemen, software
CRM dan solusi CRM akan memperkaya implementasi CRM yang efektif di dalam
organisasi. Ada banyak kisah sukses CRM, namun kesuksesan dalam implementasi
Customer Relationship Management CRM diukur dengan upaya yang dilakukan
perusahaan untuk menunjukkan sasaran dan harapannya. Dengan menyediakan sarana
untuk mengatur dan mengkoordinasi interaksi konsumen seperti yang di lakukan
oleh Nestle, teknologi Customer Relationship Management CRM membantu organisasi
memaksimalkan nilai setiap interaksi konsumen yang pada akhirnya meningkatkan
kinerja korporat. Perlunya pemahaman yang lebih baik terhadap perilaku konsumen
dan fokus pada konsumen yang dapat memberikan profit jangka panjang telah
merubah para marketer dalam memandang dunia.
RIYAN BACHTIAR (044110120)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar